Minggu 22 November 2013
Microsoft excel
1.Melengkapkan isi tabel berdasarkan ketentuan dengan menggunakan rumus IF!
NO NAMA SISWA NILAI HURUF KETERANGAN
1 NAJMA 95 A LULUS
2 BUDIMAN 75 B LULUS
3 AYU FITRIANI 90 B LULUS
4 HIRIANI 70 C LULUS
5 DARMAWAN 75 B LULUS
6 SITI AISYAH 65 C LULUS
7 TAUFIK 75 B LULUS
8 ADE DEVRIANY 35 E GAGAL
9 MUH. IHSAN 45 E GAGAL
10 ANDI ZULFIKAR 85 B LULUS
2.Membuat rumus sendiri!
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
RAPOR SEMENTARA
SEMESTER AKHIR T.A 2009/2010
NAMA : FERDIYANTO K
NIM : H12109005
PROG. STUDI : STATISTIKA
JURUSAN : MATEMATIKA
NO KODE NAMA MATA KULIAH SKS NILAI SKS X NA
MK HURUF ANGKA
1 077U002 PENDIDIKAN KEWIRAAN 2 D 1 2
2 079U002 WAWASAN IPTEKS 2 B 3 6
3 081U002 BAHASA INGGRIS 2 A 4 8
4 0804OO3 MATEMATIKA DASAR 1 3 B 3 9
5 089U003 FISIKA DASAR 1 3 D 1 3
6 137H113 LOGIKA MATEMATIKA 3 B 3 9
7 139H113 PENGANTAR ILMU KOMPUTER 3 C 2 6
8
9
10
JUMLAH 18 17 43
IPK 2.4
3. Matriks determinan.
AX1-2X2+8X3=11
BX1+6X2-4X3=-3
CX1+2X2-X3 =-1
Keterangan
A digit terakhir stambuk
B digit terakhir tanggal lahir
C digit terakhir bulan lahir
5 -2 8 11
7 6 -4 -3
2 2 -1 -1
DETERMINAN 28
INVERS 0.071428571 0.5 -1.428571429
-0.035714286 -0.75 2.714285714
0.071428571 -0.5 1.571428571
4. Pivot Table data kuesioner.
DAERAH SIMPATI AS MENTARI
MAKASSAR 1 1 1
JENEPONTO 0 1 0
BANTAENG 1 1 0
BULUKUMBA 0 1 0
TAKALAR 1 0 1
SINJAI 1 1 1
BARRU 1 1 1
PARE-PARE 0 1 1
ENREKANG 1 0 0
TORAJA 1 1 1
Count of DAERAH AS
SIMPATI 0 1 (blank) Grand Total
0 3 3
1 2 5 7
(blank)
Grand Total 2 8 10
Count of DAERAH AS
MENTARI 0 1 (blank) Grand Total
0 1 3 4
1 1 5 6
(blank)
Grand Total 2 8 10
Count of DAERAH MENTARI
SIMPATI 0 1 (blank) Grand Total
0 2 1 3
1 2 5 7
(blank)
Grand Total 4 6 10
Count of DAERAH AS
SIMPATI 0 1 (blank) Grand Total
0 0.00% 100.00% 0.00% 100.00%
1 28.57% 71.43% 0.00% 100.00%
(blank) #DIV/0!#DIV/0! #DIV/0! #DIV/0!
Grand Total 20.00% 80.00% 0.00% 100.00%
Count of DAERAH AS
MENTARI 0 1 (blank) Grand Total
0 25.00% 75.00% 0.00% 100.00%
1 16.67% 83.33% 0.00% 100.00%
(blank) #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0!
Grand Total 20.00% 80.00% 0.00% 100.00%
Count of DAERAH MENTARI
SIMPATI 0 1 (blank) Grand Total
0 66.67% 33.33% 0.00% 100.00%
1 28.57% 71.43% 0.00% 100.00%
(blank) #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0!
Grand Total 40.00% 60.00% 0.00% 100.00%
Analisis data
Analisis Jumlah Persen(%)
Daerah yang tidak memiliki kartu simpati dan As 0 0%
Daerah yang memiliki kartu As dan tidak memiliki kartu simpati 3 100.00%
Daerah yang memiliki kartu simpati dan As 5 71.43%
Daerah yang memiliki kartu simpati dan tidak memiliki kartu As 2 28.57%
Analisis Jumlah Persen(%)
Daerah yang tidak memiliki kartu mentari dan As 1 25.00%
Daerah yang memiliki kartu As dan tidak memiliki kartu mentari 3 75.00%
Daerah yang memiliki kartu mentari dan tidak memiliki kartu As 1 16.67%
Daerah yang memiliki kartu mentari dan kartu As 5 83.33%
Analisis Jumlah Persen(%)
Daerah yang tidak memiliki kartu simpati dan kartu mentari 2 66.67%
Daerah yang memiliki kartu mentari dan tidak memiliki
kartu simpati 1 33.33%
Daerah yang memiliki kartu simpati dan tidak memiliki
kartu mentari 2 28.57%
Daerah yang memiliki kartu mentari dan simpati 5 71.43%
NO NAMA SISWA NILAI HURUF KETERANGAN
1 NAJMA 95 A LULUS
2 BUDIMAN 75 B LULUS
3 AYU FITRIANI 90 B LULUS
4 HIRIANI 70 C LULUS
5 DARMAWAN 75 B LULUS
6 SITI AISYAH 65 C LULUS
7 TAUFIK 75 B LULUS
8 ADE DEVRIANY 35 E GAGAL
9 MUH. IHSAN 45 E GAGAL
10 ANDI ZULFIKAR 85 B LULUS
2.Membuat rumus sendiri!
UNIVERSITAS HASANUDDIN
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
RAPOR SEMENTARA
SEMESTER AKHIR T.A 2009/2010
NAMA : FERDIYANTO K
NIM : H12109005
PROG. STUDI : STATISTIKA
JURUSAN : MATEMATIKA
NO KODE NAMA MATA KULIAH SKS NILAI SKS X NA
MK HURUF ANGKA
1 077U002 PENDIDIKAN KEWIRAAN 2 D 1 2
2 079U002 WAWASAN IPTEKS 2 B 3 6
3 081U002 BAHASA INGGRIS 2 A 4 8
4 0804OO3 MATEMATIKA DASAR 1 3 B 3 9
5 089U003 FISIKA DASAR 1 3 D 1 3
6 137H113 LOGIKA MATEMATIKA 3 B 3 9
7 139H113 PENGANTAR ILMU KOMPUTER 3 C 2 6
8
9
10
JUMLAH 18 17 43
IPK 2.4
3. Matriks determinan.
AX1-2X2+8X3=11
BX1+6X2-4X3=-3
CX1+2X2-X3 =-1
Keterangan
A digit terakhir stambuk
B digit terakhir tanggal lahir
C digit terakhir bulan lahir
5 -2 8 11
7 6 -4 -3
2 2 -1 -1
DETERMINAN 28
INVERS 0.071428571 0.5 -1.428571429
-0.035714286 -0.75 2.714285714
0.071428571 -0.5 1.571428571
4. Pivot Table data kuesioner.
DAERAH SIMPATI AS MENTARI
MAKASSAR 1 1 1
JENEPONTO 0 1 0
BANTAENG 1 1 0
BULUKUMBA 0 1 0
TAKALAR 1 0 1
SINJAI 1 1 1
BARRU 1 1 1
PARE-PARE 0 1 1
ENREKANG 1 0 0
TORAJA 1 1 1
Count of DAERAH AS
SIMPATI 0 1 (blank) Grand Total
0 3 3
1 2 5 7
(blank)
Grand Total 2 8 10
Count of DAERAH AS
MENTARI 0 1 (blank) Grand Total
0 1 3 4
1 1 5 6
(blank)
Grand Total 2 8 10
Count of DAERAH MENTARI
SIMPATI 0 1 (blank) Grand Total
0 2 1 3
1 2 5 7
(blank)
Grand Total 4 6 10
Count of DAERAH AS
SIMPATI 0 1 (blank) Grand Total
0 0.00% 100.00% 0.00% 100.00%
1 28.57% 71.43% 0.00% 100.00%
(blank) #DIV/0!#DIV/0! #DIV/0! #DIV/0!
Grand Total 20.00% 80.00% 0.00% 100.00%
Count of DAERAH AS
MENTARI 0 1 (blank) Grand Total
0 25.00% 75.00% 0.00% 100.00%
1 16.67% 83.33% 0.00% 100.00%
(blank) #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0!
Grand Total 20.00% 80.00% 0.00% 100.00%
Count of DAERAH MENTARI
SIMPATI 0 1 (blank) Grand Total
0 66.67% 33.33% 0.00% 100.00%
1 28.57% 71.43% 0.00% 100.00%
(blank) #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0! #DIV/0!
Grand Total 40.00% 60.00% 0.00% 100.00%
Analisis data
Analisis Jumlah Persen(%)
Daerah yang tidak memiliki kartu simpati dan As 0 0%
Daerah yang memiliki kartu As dan tidak memiliki kartu simpati 3 100.00%
Daerah yang memiliki kartu simpati dan As 5 71.43%
Daerah yang memiliki kartu simpati dan tidak memiliki kartu As 2 28.57%
Analisis Jumlah Persen(%)
Daerah yang tidak memiliki kartu mentari dan As 1 25.00%
Daerah yang memiliki kartu As dan tidak memiliki kartu mentari 3 75.00%
Daerah yang memiliki kartu mentari dan tidak memiliki kartu As 1 16.67%
Daerah yang memiliki kartu mentari dan kartu As 5 83.33%
Analisis Jumlah Persen(%)
Daerah yang tidak memiliki kartu simpati dan kartu mentari 2 66.67%
Daerah yang memiliki kartu mentari dan tidak memiliki
kartu simpati 1 33.33%
Daerah yang memiliki kartu simpati dan tidak memiliki
kartu mentari 2 28.57%
Daerah yang memiliki kartu mentari dan simpati 5 71.43%
LINUX
1. Jelaskan sejarah perkembangan linux dan perkembangan distro – distro linux mulai dari awal ditemukan sampai sekarang?
Jawab :
Sejarah Linux
Linux
pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus
Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari
Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.
Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada
tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi
0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell)
dan gcc (GNU C Compiler). Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat
lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan
untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem
operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi
komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai
perkembangan yang sangat cepat.
Hal
ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok
orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta
geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan
efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena kernel Linux
dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang
tersedia, sebagai contoh, C Compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun.
Sekarang
ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor
seperti untuk spreadsheet,word processor, database dan program editor
grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu
Star Office. Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux
dan aplikasi seperti Matlab yang pada Linux dikenal sebagai Scilab.Linux
bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering disebut Distro).
Distro
adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program
instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai
dengan tujuan pembuatan distro. Ada banyak sekali distro Linux, diantaranya :
�� RedHat, distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia. RedHat merupakan distribusi pertama yang
instalasi dan pengoperasiannya mudah.
�� Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan
dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.
�� Slackware, merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux. Hampir semua dokumentasi Linux
disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library
ataupun aplikasinya) adalah yang sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil. Yang kedua
karena dia menganjurkan untuk menginstall dari source sehingga setiap program yang kita install teroptimasi
dengan sistem kita. Ini alasannya dia tidak mau untuk menggunakan binary RPM dan sampai Slackware 4.0, ia
tetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.
�� SuSE, distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem.
SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia.
�� Mandrake, merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium. Kalau komputer kita menggunakan
pentium ke atas, umumnya Linux bisa jalan lebih cepat dengan Mandrake.
�� WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (WIndows). Jadi untuk menjalankannya
bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows.
Dan masih banyak distro-distro lainnya yang telah tersedia maupun yang akan muncul.
Saat
ini Ubuntu Linux merupakan distro yang paling populer. Distro ini
merupakan turunan dari Debian Linux yang merupakan salah satu distro
“tua” yang ada. Debian sangat terkenal karenasampai saat ini merupakan
distro yang benar-benar “free”, paling banyak dukungan paket serta
dikenal sangat stabil. Sudah banyak sekali distro yang diturunkan dari
Debian Linux ini seperti Knoppix, Morphix, Xandros, Ubuntu dan
sebagainya.
Debian
memang dikenal sangat stabil karena benar-benar menerapkan standart
yang sangat ketat untuk software-software bawaannya sehingga
perkembangan Debian sendiri bisa dibilang sangat lambat, saat ini saja
Debian baru sampai pada versi major 3. Bandingkan dengan Distro
seangkatannya yang rata-rata sudah mencapai versi major 10 keatas. Hal
ini yang agak disayangkan para pecinta Debian.
Ubuntu
Linux merupakan sebuah distro baru yang langsung mendapatkan tempat
dihati para pengguna Linux khususnya bagi para Debian mania. Bagaimana
tidak “anak baru” ini memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan sang
“ayah” sendiri, Ubuntu menawarkan semua kelebihan yang dimiliki oleh
Debian ditambah dengan update berkala setiap 3 bulan, dukungan komunitas
yang sangat banyak, dukungan dana yang melimpah, bahkan anda bisa
mendapatkan CD Installernya secara gratis.
Ubuntu adalah sebuah kata kuno dari Africa
yang berarti “Humanity towards other” yang kurang lebih artinya adalah
kemanusian untuk membantu yang lain. Tujuan dari proyek ini adalah
menciptakan sebuah Sistem Operasi Desktop yang gratis dengan dukungan
aplikasi serta
dokumentasinya.
Project ini disponsori oleh Canonical Ltd. Ubuntu berbasiskan GNOME dan
bagi anda yang lebih menyukai KDE anda bisa memilih Kubuntu Linux.
Walaupun tampilan kedua distro ini berbeda tapi keduanya sama-sama
keluar dari “pabrik” yang sama dan tentu saja kedua distro ini mempunyai
kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Kalau
anda lebih menyukai tampilan dengan ciri khas “Mac OS” anda bisa
memakai Ubuntu tapi apabila anda lebih menyukai tampilan yang “agak”
mirip dengan Windows [bahkan menurut saya lebih bagus dari Windows] anda
bisa memakai Kubuntu tapi kalau anda hanya ingin menjadikan Komputer
anda sebagai server anda bisa memakai salah satu dari keduanya karena
pada dasarnya “base system” keduanya sama [hanya berbeda Desktop Manager
dan tambahan aplikasinya saja]. [K]Ubuntu Linux hadir dalam 2 versi
yaitu versi LiveCD dan versi Install. Anda bisa memakai versi LiveCD
kalau anda tidak ingin menginstallnya kedalam Komputer, cukup masukan
LiveCD tersebut kedalam CD-ROM Drive anda, booting dari CD-ROM Drive
maka anda sudah dapat menikmati Linux. Tentu saja LiveCD ini mempunyai
banyak batasan karena semua perubahan pada konfigurasi yang anda buat
akan langsung hilang ketika komputer dimatikan dan tentu saja
flexibilitas LiveCD ini akan sangat jauh apabila dibandingkan dengan
versi Installnya. [K]Ubuntu Linux ini juga hadir dalam 3 Arsitektur
komputer yaitu : Intel x86, PowerPC dan AMD64.
2. Salah satu kelebihan dari system operasi linux adalah tidak mengenal adanya virus. Jelaskan mengapa demikian ?
Jawab:
System
operasi linux tidak mengenal adanya virus karena system operasi (SO)
linux bersifat FREE (gratis) sehingga banyak orang yang tidak ingin
membuat virus pada SO linux mengapa demikian? Karena saat ini semua
orang ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang relative
singkat, contohnya saja virus komputer. Virus komputer ini di rancang
oleh orang ahli dalam bidang komputerisasi yang ingin mendapatkan
keuntungan yang besar. Keuntungan itu di peroleh ketika user yang
terkena infeksi virus dan user membeli atau mendownload anti virus
buatan orang tersebut. Bayang bagaimana jika banyak sekali user yang
terinfeksi virus buatan orang tersebut tentu keuntungan akan semakin
besar. Pada umumnya virus banyak terdapat pada system operasi windows
karena SO windows tidak bersifat free dan saat ini system operasi ini
merupakan system operasi yang paling banyak digunakan.
3. Tuliskan dan jelaskan kelebihan dan kekurangan linux dibandingkan system operasi lain
(min 3) selain yang ada pada no 2?
Jawab:
Kelebihan linux:
1. Di dalam distribusi Linux terdapat software-software berharga jutaan Rupiah yang gratis
atau beberapa ribu rupiah untuk kemasan CDnya.
2. Sistem operasi yang lengkap yang :
�� Stabil - aplikasi yang crash tidak menyebabkan sistem operasi Down
�� Reliable - Server Linux sudah biasa hidup dalam jangka waktu RATUSAN hari,
dibanding Windows yang perlu diReboot secara berkala
�� Secara Ekstrim Sangat Bermanfaat
3. Dilengkapi dengan puluhan lingkungan pengembangan aplikasi, termasuk C, C++, Fortran,
Ada, toolkit seperti Qt dan beberapa bahasa script semacam Perl, Python, Awk, dan sed.
Kompiler C pada Windows harganya lebih dari 1000 Dolar Amerika
4. Fasilitas jaringan yang istimewa, memungkinkan untuk berbagi CPU
5. Lingkungan yang ideal untuk menjalankan server, seperti Web Server, FTP Server,
Authentication Server dan sebagainya
6. Tersedia pula software komersial, jika kebutuhan tidak terpenuhi dengan software yang
gratis
7. Sistem operasi yang mudah untuk diupgrade
8. Mendukung banyak prosesor sebagai standar
9. Multi-Tasking yang nyata; memungkinkan untuk menjalankan lebih dari satu program pada
waktu yang sama
10. Sistem GUI (window) yang disebut X yang istimewa, ekivalen dengan Windows namun
Linux adalah sistem operasi bebas(free) bertipe Unix.
11. sangat mudah untuk dikastemisasi
Kekurangan linux:
1. Pelatihan UNIX memerlukan biaya yang mahal. Karena UNIX sendiri
merupakan barang mahal bagi para pengguna.
2. Semakin populernya aplikasi berbasis DOS/Windows menjadi lebih menigkat
karena anggapan "kemudahan untuk mencoba dan mempelajarinya". Padahal
reliabilitasnya dipertanyakan.
3. Pengguna UNIX adalah rata-rata hanya para akademisi yang benar-benar serius
dan beberapa perusahaan besar yang menggunakan sistem operasi ini.
4. Tuliskan dan jelaskan perintah – perintah pada console/terminal linux ubuntu (min 10) selain di buku penuntun dan TP?
Jawab:
ü chown : Digunakan mengganti owner dari suatu file atau directory.
Misalnya :
sudo chown root:root /home/aan/Latihan\
1 2 3 4 5
di\ Linux\ /file.odt
Keterangan :
1. sudo : untuk perintah masuk
sebagai root.
2. chown : untuk mengubah kepemilikan
3. root : menyatakan user.
4. root : menyatakan group.
5. direktory yang menyatakan letak file “file.odt”.
ü passwd : Digunakan untuk mengganti password root. Anda akan selalu diminta mengisikan password lama dan selanjutnya akan diminta mengisikan password baru sebanyak dua kali.
ü su - : Untuk login sementara sebagai user lain. Bila user ID tidak disertakan maka komputer menganggap Anda ingin login sementara sebagai super user atau root. Bila Anda bukan root dan user lain itu memiliki password maka anda harus memasukkan passwordnya dengan benar. Tapi bila Anda adalah root maka Anda dapat login sebagai user lain tanpa perlu mengetahui password user tersebut.
ü chmod : Digunakan untuk menambah dan mengurangi ijin pemakai untuk mengakses file atau direktory. Anda dapat menggunakan sistem numeric coding atau sistem letter coding. Ada tiga jenis permission/perijinan yang dapat dirubah yaitu r untuk read, w untuk write dan x untuk execute.
1. Numeric Coding : Permission untuk user, group dan other ditentukan dengan menggunakan kombinasi angka-angka.
Misalnya : chmod 777 /home/aan/Latihan\ di\ Linux\ /file.odt
ü tar -xjvf : Untuk mengekstrak file dalam format *.bz2
ü start : Adalah perintah untuk menjalankan servis.
Misalnya :
sudo /opt/lampp/lampp start
Keterangan : Adalah perintah untuk menjalankan service dari xampp.
ü stop : Adalah perintah untuk menghentikan servis.
Misalnya :
sudo /opt/lampp/lampp stop
Keterangan : Adalah perintah untuk menghentikan service dari xampp
ü pwd : Untuk mengetahui posisi directory yang sedang aktif
ü ps aux : untuk melihat proses-proses yang sedang berjalan.
ü df : Untuk mengetahui informasi tentang media penyimpanan.
ü talk : Untuk mengadakan percakapan melalui terminal. Input dari terminal Anda akan disalin di terminal user lain, begitu sebaliknya.
ü mount : Perintah ini akan me-mount filesystem ke suatu direktori atau mount-point yang telah ditentukan. Hanya superuser yang bisa menjalankan perintah ini.
Misalnya :
mount –t ntfs /dev/sda1 /media/Data
Atau
mount –t fat32 /dev/sda2 /media/System
Keterangan :
Microsoft Word 2003
Bab 1
1.1 Pengantar logika dan himpunan
M
|
atematika
mempunyai bahasa dan aturan yang terdefenisi dengan baik, penalaran
yang jelas dan sistematik, dan struktur yang sangat kuat. Dengan
berbagai keunggulan ini matematika digunakan sebagai suatu cara
pendekatan dalam mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi dan dalam
menyelesaikan masalah yang rumit . matematika juga merupakan alat bantu
dalam menyelesaikan masalah dalam berbagai disiplin ilmu. Dengan
matematika, suatu masalah nyata dapat dilihat dalam suatu model yang
strukturnya jelas, tepat dan bentuknya kompak (singkat dan padat).
Unsure
utama dalam pekerjaan metematika adalah penalaran deduktif dan
induktif. Penalaran deduktif bekerja dengan berbagai asumsi, tidak
dengan pengamatan. Sedangkan penalaran induktif bekerja berdasarkan
fakta dan fenomena yang muncul untuk sampai kepada suatu perkiraan
tertentu. Tetapi perkiraan yang diperoleh tidak dapat diterima begitu
saja, harus diyakinkan kebenarannya atau dibuktikan secara deduktif.
Proses induktif – deduktif dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam mempelejari suatu konsep matematika.
1.1.1 Sistem Aksioma
Matematika
dibangun berdasarkan suatu system yang memuat beberapa istilah dasar
dan sifat yang kebenarannya diterima tanpa pembuktian. Suatu system
matematika merupakan penerapan berbagai metode secara aksiomatik dari
logika atas sekelompok unsure, relasi dan operasi. Pemilihan beberapa
sifat dasar yang dibuat konsisten akan menentukan suatu system secara
utuh. Dalam proses penalaran matematika, suatu rumus (teorema)
matematika terdiri dari beberapa hipotesis dan kesimpulan. Penalaran
dibalik system logika dapat dipahami berdasarkan sifat system dan
operasi yang dirancang didalamnya.
System aksioma terdiri dari empat bagian penting yaitu istilah tak terdefenisi, terdefenisi, aksioma, dan teorema.
v Istilah
tak terdefenisi, istilah dasar (primitive) yang digunakan untuk
membangun istilah lain, arti istilahnya sendiri tidak didefenisikan,
tetapi deskripsinya ada. Pada suatu system matematika tertentu, kita
mengenal istilah tak terdefenisi, seperti titik, garis, bidang, himpunan
dan sebagainya.
v Istilah
terdefenisi istilah yang digunakan dalam system, bukan istilah dasar,
dan dirumuskan dari istilah dasar sehingga mempunyai arti tertentu dan
perumusannya menjadi suatu pernyataan yang benar. Dalam suatu defenisi,
istilah jika berarti jika dan hanya jika.
Suatu defenisi yang baik mempunyai ciri berikut :
· Jelas, tepat dan mempunyai suatu makna;
· Hanya menggunakan istilah dasar atau yang telah ada sebelumnya
· Konsisten,dalam setiap kasus mempunyai arti yang sama
· Jangkauannya cukup luas untuk dapat memuat sebanyak mungkin objek dari system.
v Aksioma
atau Postulat. Aksioma adalah suatu pernyataan yang diandaikan benar
pada suatu system dan diterima tanpa pembuktian. Aksioma hanya memuat
istilah dasar dan istilah terdefenisi, tidak berdiri sendiri dan tidak
diuji kebenarannya. Sekelompok aksioma dalam suatu system harus
konsisten, dapat membangun system tersebut dan tidak saling
bertentangan.
v Teorema.
Teorema adalah suatu pernyataan matematika yang dirumuskan secara
logika dan dibuktikan dengan memanfaatkan istilah dasar, istilah
terdefenisi, aksioma dan pernyataan benar lainnya.
Pernyataan
Suatu pernyataan matematika (disingkat adalah rangkaian kata yang dapat ditentukan nilai kebenarannya, yaitu atau .
Diantara benar atau salah hanya berlaku salah satu : benar saja atau
salah saja dan tidak mungkin keduanya sekaligus. Ukuran benar atau
salahnya suatu pernyataan tidak didasarkan atas opini atau pendapat.
Contoh 1.1 :
(a) Setiap segitiga sama sisi adalah segitiga sama kaki (B)
(b) Setiap persegi panjang adalah jajaran genjang (B)
(c) Jika =9, maka (S)
(d) Pada system bilangan riil, persamaan tidak mempunyai jawab (B)
(e) Mereka mahasiswa Unhas (kalimat terbuka, bukan pernyataan)
Kalimat yang tidak dapat ditentukan nilai kebenarannya disebut (kalimat
nondeklaratif). Misalnya kalimat Tanya, kalimat perintah, kalimat
harapan, kalimat terbuka (kalimat yang mempunyai besaran yang tidak
diketahui) semuanya bukan pernyataan karena tidak dapat ditentukan nilai
benar atau salahnya.
Hasil penting dalam matematika disebut , dan kita akan menemukan banyak teorema dalam buku ini. Teorema dapat dinyatakan dalam bentuk “jika maka ”. Seringkali disingkat . Kita namakan sebagai hipotesis dan Q sebagai kesimpulan teorema tersebut. Perhatikan kedua pernyataan dan , kedua pernyataan tersebut tidak setara . sebagai contoh : jika Wahyu adalah orang pinrang, maka ia adalah orang Indonesia”jika Wahyu adalah orang Indonesia, maka ia adalah orang pinrang” merupakan pernyataan yang salah.
1.1.2 Himpunan
Kemudian
salah satu dasar dalam matematika yang harus dipahami adalah konsep
sebuah himpunan. Himpunan didefenisikan sebagai kumpulan objek – objek
yang berbeda. Mahasiswa – mahasiswa yang mengambil matakuliah matematika
dasar, buku – buku yang dijual dalam suatu took, hewan – hewan yang ada
di kebun binatang, dan lain – lain adalah contoh suatu himpunan.
Biasanya
himpunan dinotasikan dengan huruf besar seperti A,B,C,….. objek dalam
himpunan disebut elemen/anggota himpunan, yang disimbolkan dengan huruf
kecil.
1.2 Sistem Bilangan Real
Kita sudah cukup mengenal jenis – jenis bilangan berikut :
1. Bilangan
asli, yakni 1,2,3,4,5… dengan bilangan ini kita dapat menghitung buku –
buku kita, uang kita. Himpunan bilangan asli dinyatakan dengan notasi baku
yakni N = {1,2,3,…}. Penjumlahan dua buah bilangan asli dan perkalian
dua buah bilangan asli sembarang juga sebuah bilangan asli. Hal ini
seringkali dinyatakan dengan mengatakan bahwa himpunan bilangan asli
tertutup di bawah operasi penjumlahan dan operasi perkalian.
2. Bilangan nol dan negative, yakni 0 dan -1,-2,-3,…, bilangan ini muncul untuk mencari penyelesaian persamaan seperti dimana sembarang
bilangan asli. Dengan persamaan ini dimungkinkan adanya operasi
pengurangan yang merupakan kebalikan dari operasi penjumlahan, dimana
kita dapat menuliskan
Himpunan
bilangan asli, bilangan negative dan nol dinamakan himpunan bilangan
bulat. Himpunan bilangan bulat dinyatakan dengan notasi baku yakni Z={…,-3,-2,-1,0,1,2,3,…}.
3. Bilangan rasional yakni hasil bagi (rasio) dari bilangan – bilangan bulat yaitu bilangan – bilangan seperti
4. ,,,
5.Bilangan ini muncul untuk memecahkan persamaan seperti dimana a, b sembarang bilangan bulat dengan dengan
persamaan ini dimungkinkan adanya operasi pembagian yang merupakan
kebalikan dari operasi perkalian, dimana kita dapat menuliskan x=a/b=a1/b. A disebut pembilang, sedangkan disebut penyebut.
Himpunan bilangan rasional dinyatakan dengan notasi baku yakni
,
6. Apakah
bilangan – bilangan rasional berfungsi mengukur semua panjang? Tidak.
Fakta yang mengejutkan ini ditemukan oleh orang yunani kuno beberapa
abad sebelum masehi. Mereka memperlihatkan bahwa meskipun merupakan
panjang sisi miring sebuah segi tiga siku – siku dengan sisi – sisi 1,
bilangan ini tidak dapat dituliskan sebagai suatu hasil bagi dari dua
bilangan bulat. Jadi adalah suatu bilangan tak rasional. Demikian juga , dan sekelompok bilangan lain.
Gabungan antara bilangan rasional dan bilangan tak rasional disebut bilangan real.
Himpunan bilangan real dinyatakan dengan notasi baku yakni
Bilangan – bilangan ini dapat dipandang sebagai label untuk titik – titik sepanjang sebuah garis mendatar ( garis real).
Dari pengenalan beberapa bilangan, maka
NZQ,
Disini adalah lambang himpunan bagian; dibaca “adalah himpunan bagian dari”.
Operasi Aritmatika
Diberikan dua bilangan real dan , kita dapat menambahkan atau mengalikan keduanya untuk memperoleh dua bilangan real baru, yakni dan . Penambahan dan perkalian mempunyai sifat-sifat berikut, yang kita kenal dengan sifat-sifat medan.
Sifat-sifat Medan
1. Sifat komutatif. dan .
2. Sifat asosiatif. dan .
3. Sifat distributive.
4. Elemen-elemen identitas. Terdapat dua bilangan real yakni 0 dan 1 yang memenuhi +0= dan
5. Balikan (invers). Setiap bilangan mempunyai balikan penambahan, yakni , yang memenuhi juga, setiap bilangan kecuali 0 mempunyai balikan perkalian, yakni , yang memenuhi =1
Pengurangan dan pembagian didefenisikan dengan
dan
=
Urutan
Bilangan-bilangan
real tak nol dapat dipisah menjadi dua himpunan terpisah, yakni
bilangan real positif dan bilangan real negative. Fakta ini memungkinkan
kita memperkenalkan relasi urutan < (dibaca”kurang dari”)
Yaitu
jika dan hanya jika adalah positif.
Tafsiran geometri bahwa berarti bahwa berada di sebelah kiri y pada garis real.
I. PENDAHULUAN
Kepemimpinan
merupakan suatu kiat atau kewibawaan yang mampu menggerakan orang lain,
baik secara perseorangan maupun kelompok didalam suatu organisasi
sehingga menimbulkan kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam
mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan meliputi berbagai dimensi, dan
berfungsi sebagai salah satu piranti penggerak, motor atau motivator
sumber daya yang ada dalam organisasi, sehingga peran kepemimpinan
diharapkan mampu mendinamisasikan organisasi dalam mencapai tujuan.
Demikian
pula halnya dengan kepengurusan BEM, BLM, HMJ yang berperan sebagai
salah satu jalur pembinaan kemahasiswaan harus mampu mewujudkan tugas
pokok dan fungsinya, kemauan dan kemampuan para pelaku kepemimpinan BEM,
BLM, HMJ hanya dapat berperan dengan sebaik – baiknya apabila secara
teratur, terencana dan berkesinambungan dilaksanakan pembinaan dan
pengembangan bagi para pelaku kepemimpinan tersebut. “Latihan Dasar
Kepemimpinan” bagi mahasiswa pengurus BEM, BLM, HMJ Fakultas matematika
dan ilmu pengetahuan alam, merupakan salah satu jalur pembinaan generasi
muda yang difokuskan pada kompetensi individu dimana kader – kader
penerus perjuangan bangsa bukan hanya slogan “Pemuda Harapan Bangsa”.
Tetapi
dapat dipertanggungjawabkan dan diaplikasikan dikehidupan berbangsa dan
bertanah air. Dengan demikian akan muncul pemimpin – pemimpin yang
dapat mengemban amanah sebaik mungkin dan mengayomi setiap generasi muda
berikutnya agar tercipta suatu regenerasi, yang mendukung setiap
langkah untuk mencapai impian dan cita – cita bangsa
Disamping
itu kegiatan ini juga sebagai tali yang mempererat hubungan
persaudaraan antara generasi terdahulu dan generasi sekarang dan juga
sebagai perkenalan organisasi fakultas tahap awal kepada mahasiswa baru
2009. dengan pelatihan ini diharapkan akan menjadi batu loncatan menuju
kehidupan yang lebih kompleks kedepannya.
II. DASAR PENYELENGGARAAN
1. UU No 22 tahun 1999
2. UU No 2 tahun 1989
3. Program kerja BEM, BLM, HMJ
III. MAKSUD DAN TUJUAN
Hasil
yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan pelatihan dasar kepemimpinan
bagi mahasiswa/i baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
adalah :
1. Meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan.
2. Meningkatkan kemampuan berorganisasi dan kesadaran politik sebagai
warga Negara yang baik dan bertanggungjawab .
3. Meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam
Melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan.
4. Memberikan kesempatan belajar bagi peserta didik.
5. Mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi kepemimpinan.
6. Menumbuhkan, meningkatkan dan memantapkan kesadaran dan
tanggung jawab sebagai warga negara khususnya generasi muda penerus
perjuangan bangsa.
7. Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku,
kepribadian,budi pekerti, sopan santun dan disiplin.
IV. PENYELENGGARAAN
Penyelenggaraan latihan Dasar Kepemimpinan bagi mahasiswa/i baru
merupakan salah satu program Kerja BEM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang dilaksanakan setiap tahun.
V. PESERTA
Peserta
Pelatihan Dasar Kepemimpinan adalah mahasiswa/i baru Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan persyaratan sebagai berikut :
1. Mahasiswa baru Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tahun
2009
2. Menyerahkan biodata peserta
3. Menyerahkan pas photo ukuran 3 x 4 = 2 (dua) lembar.
VI. NAMA KEGIATAN
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) mahasiswa baru tahun 2009 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
VII. BENTUK KEGIATAN
Latihan
Dasar Kepemimpinan (LDK) mahasiswa/i baru tahun 2009 merupakan teori
dan praktek yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan diruangan maupun
dilapangan.
VIII. TEMA KEGIATAN
“Membentuk Kader-Kader Pemimpin Bangsa Yang Berkualitas,
Berkompeten, Bertanggung Jawab dan Penuh Dedikasi”
IX. MATERI KEGIATAN
1. Program Umum
Merupakan
latihan wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta Pelatihan yang
menyangkut bahan-bahan/materi yang menunjang usaha penanaman kesadaran
berbangsa dan bernegara.
2. Program Pokok
Materi ini merupakan kegiatan yang langsung diperlukan dalam usaha meningkatkan kemampuan dibidang Kepemimpinan.
3. Program Penunjang
Program ini merupakan pengetahuan yang menunjang program pokok yamg
diharapkan lebih membuka cakrawala pandangan para peserta pelatihan dalam usaha meningkatkan kemampuan dibidang Kepemimpinan.
X. WAKTU PENYELENGGARAAN
Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 oktober 2009
XI. TEMPAT PENYELENGGARAAN
Tempat penyelenggaraan dilaksanakan di kampus Universitas Hasanuddin
Backlink Please !
URL |
Code For Forum |
HTML Code |
0 komentar:
Posting Komentar